Selasa, 18 November 2008

TENTANG KAMI IQRO

SEJARAH SMP ISLAM TERPADU IQRO'

SMP Islam Terpadu IQRO’ berdiri pada tahun 1998 yang diresmikan oleh Yayasan Islamic Center IQRO’ Pondok Gede sebagai pengelola Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) IQRO’. Pendirian sekolah berawal dari ketersediaan lahan yang ada di luar wilayah Yayasan Islamic Center IQRO’ tepatnya beralamat di Jalan Rawa Gede Wetan Rt 007/02 Kampung Sawah, Jatimelati – Pondok Melati Bekasi. Ketersediaan lahan yang cukup memadai memungkinkan yayasan dapat mengembangkan konsep pendidikan, dakwah dan sosial lebih luas. Perlu kekuatan dari segala aspek agar dapat menguatkan landasan syar’iah Islam di wilayah Kampung Sawah, salah satunya termasuk dunia pendidikan.

Perkembangan pendidikan nasional yang mulai mengedepankan standar kualitas bagi peserta didik membawa pengaruh yang sangat besar pada seluruh komponen dunia pendidikan atau steackholder. Baik dari pengelola pendidikan, tenaga pengajar, sarana prasarana, peserta didik, media pendidikan, sistim informasi dan komunikasi (tekhnologi pendidikan), kurikulum baik nasional maupun daerah atau lokal, masyarakat pendidikan, aturan-aturan kebijakan strategis, dan lain-lain. Otonomi pendidikan yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah sampai kepada sekolah yang ada di masyarakat, akan membawa pengaruh penguatan pondasi model dan strategi pendidikan yang coba dikembangkan oleh setiap sekolah untuk dapat bersaing dan membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi masyarakat.

Yayasan Islamic Center IQRO’ menempatkan salah satu lembaga di bawah naungannya yaitu SMP Islam Terpadu IQRO’ yang bertugas mengelola jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sekolah ini diupayakan dapat mengembangkan unsur dakwah, pendidikan sekaligus sosial kepada masyarakat sekitar maupun masyarakat luas lainnya. Oleh karena itu sekolah ini diberi otonomi seluas-luasnya agar memudahkan dalam menentukan langkah kebijakan dan sistem pendidikan yang dibutuhkan dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. SMP Islam Terpadu IQRO’ dikelola dengan standar kurikulum Dinas Pendidikan Nasional dan dipadu dengan Kurikulum Pendidikan Agama Islam yang diharapkan memajukan dan memasyarakatkan syar’iah Islam secara luas khususnya bagi masyarakat Kampung Sawah dan masyarakat luas pada umumnya dan juga dapat bersaing pada jenjang SMP di Dinas Pendidikan di Kota Bekasi.

Tidak ada komentar: